PEMBELAJARAN TANPA BATAS

Kadang aku sering berpikir, buat apa aku menghabiskan waktu dengan pulang lebih sore bahkan malam sementara teman guru yang lain sudah duluan pulang. Buat apa aku capai-capai memberi jam tambahan buat murid ketika guru yang lain tidak pernah berpikir untuk melakukannya. Buat apa aku menghabiskan pikiran untuk menunjukkan kepada murid bahwa aku bisa memberi  contoh yang baik ketika guru yang lain cuek saja dengan keadaanya. Dan buat apa aku terus belajar ketika teman guru yang lain asyik dengan status quanya.
Pikiran –pikiran itu kadang menghantuiku. Kadang melemahkan semangatku. Tetapi, aku berpikir positif saja, sebenarnya yang harus kunikmati dalam hidup ini adalah proses bukan hasil. Biarlah hasil itu Tuhan yang menetapkan. Tapi aku punya kewajiban untuk menikmati dua perkara yang dalam aktivitas sehari-hari harus dijaga, yaitu selalu menjaga setiap niat dari apapun yang aku lakukan dan selalu berusaha menyempurnakan ikhtiar yang aku lakukan. Selebihnya terserah Tuhan.
Ketika aku menjadi guru dalam rangka mencari nafkah untuk keluarga, maka masalah yang terpenting bagi aku bukanlah uang dari gajiku sebagai guru, karena uang itu ada jalurnya, ada rezekinya dari Sang Maha Pengatur alam semesta dan semua pasti mendapatkannya. Jadi yang kunikmati dalam hidup ini adalah proses. Yang bernilai dari hidup ini adalah proses, bukan hasil.
Nikmatilah proses amal yang dilakukan dengan penuh keihlasan. Hayati dan resapilah dengan sebaik-baiknya, selangkah demi selangkah, setahap demi setahap, step by step. Marilah kita nikmati profesi kita sebagai guru  dengan memberi pelita kepada murid-murid. Sejahat apapun murid itu.
Aku cuplik dari temanku, Pak Wasis Sucipto dari SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara, Kewajiban kita sebagai guru adalah mengarahkan anak untuk meretas masa depannya. Menjadi  guru yang baik itu mahal, tetapi menjadi guru yang tidak baik jauh lebih mahal.
Akhirnya, aku berkata dalam hati, membuat blog ini adalah kenikmatan dalam menjalani prosesku sebagai guru tanpa batas dinding kelas, tanpa membedakan tingkatan anak, dan tanpa tahu siapa murid yang sedang belajar dari blog ini. Selamat belajar untuk semua muridku. Mari kita ciptakan kelas kebebasan untuk menjadi manusia yang bebas, manusia yang merdeka dalam belajar. Aku akan mencoba menjadi pengajar tanpa batas.

Tentang sirodjuddinardan

Saya adalah seorang guru yang ingin mengembangkan pembelajaran tanpa batas
Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s