LANGKAH MUDAH MENYUSUN PTK SERI 2

Melanjutkan tulisan saya terdahulu tentang tutorial Penelitian Tindakan Kelas (PTK), kali ini masuk ke step 3. Silahkan dibaca dan dipelajari.

STEP 3 : BAB I PENDAHULUAN
Setelah kita membahas membuat judul, tulisan kali ini membahas bab I Pendahuluan, meliputi latar belakang, perumusan masalah, tujuan penelitian dan manfaat penelitian. Oke, marilah kita bahas satu persatu.
Latar Belakang
Pada Latar belakang masalah, kemukakan secara jelas disertai data faktual yang dijumpai di kelas. Kemukakan pentingnya masalah tersebut dipecahkan. Contoh latar belakang masalah yang disertai dengan data faktual adalah sebagai berikut :
Pembelajaran Melakukan Instalasi Komponen PC di SMK Negeri 8 Semarang khususnya pada Kelas X Multimedia 1 masih banyak terdapat siswa yang hasil belajarnya rendah dan dan tidak mengalami ketuntasan dalam hasil belajar. Kondisi seperti tersebut tentunya bukan semata-mata karena daya serap siswa yang rendah, tetapi banyak faktor yang mempengaruhinya. Bisa jadi karena metode pembelajaran yang kurang relevan, model pembelajaran yang kurang menarik, media pembelajaran yang kurang mendukung, atau mungkin karena faktor kesiapan siswa dalam menerima materi pelajaran yang kurang, dan sebagainya. Namun dari beberapa faktor tersebut berdasarkan studi pendahuluan yang peneliti lakukan terdapat kecenderungan yang mengarah pada faktor model pembelajaran yang harus diperbaiki.

Perumusan Masalah
Pada perumusan masalah perlu diperhatikan :

  1. Substansi: perlu mempertimbangkan bobot dan manfaat tindakan yang dipilih untuk meningkatkan dan/atau memperbaiki pembelajaran
  2. Orisinalitas (tindakan): perlu mempertimbangkan belum pernah tidaknya tindakan dilakukan guru sebelumnya
  3. Formulasi: dirumuskan dalam kalimat tanya, tidak bermakna ganda, lugas menyatakan secara eksplisit dan spesifik apa yang dipermasalahkannya, dan tindakan yang diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut
  4. Teknis: mempertimbangkan kemampuan peneliti untuk melaksanakan penelitian, seperti kemampuan metodologi penelitian, penguasan materi ajar, teori, strategi dan metodologi pembelajaran, kemampuan menyediakan fasilitas (dana, waktu, dan tenaga).

Contoh perumusan masalah :

  1. Apakah pembelajaran Melakukan Instalasi Komponen PC dengan penggunaan Model Belajar TGT (Team Games Tournament) dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran?
  2. Apakah pembelajaran Melakukan Instalasi Komponen PC dengan penggunaan Model Belajar TGT (Team Games Tournament) dapat meningkatkan ketrampilan proses siswa dalam proses pembelajaran?
  3. Apakah pembelajaran Melakukan Instalasi Komponen PC dengan penggunaan Model Belajar TGT (Team Games Tournament) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa?

Tujuan Penelitian

Dirumuskan secara singkat dan jelas berdasarkan permasalahan dan cara pemecahan masalah yang dikemukakan.
Contoh :
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keaktifan, ketrampilan proses dan hasil belajar siswa SMK Negeri 8 Semarang  melalui pembelajaran Melakukan Instalasi Komponen PC dengan menggunakan Model Belajar TGT (Team Games Tournament).

Manfaat Penelitian
Manfaat diuraikan secara jelas dan sistematis. Kemukakan manfaat bagi siswa, guru, komponen pendidikan terkait di sekolah, dan/atau dosen.
Manfaat Teoritis
Secara teoritis hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk memperluas teori yang telah ada, dan dapat dimanfaatkan pada mata pelajaran geografi khususnya atau mata pelajaran lain yang serumpun.
Manfaat Praktis
Bagi Siswa Meningkatkan prestasi belajar siswa, karena dengan pengajaran berbasis project siswa akan aktif langsung dan berusaha untuk menyelesaikan tugas-tugas secara optimal.
Bagi Guru Mengembangkan strategi pengajaran sebagai upaya meningkatkan kualitas belajar siswa yang menjadi tanggung jawabnya.
Bagi Sekolah Memberikan input kepada sekolah untuk selalu mendukung dan menyediakan sarana prasarana guru sebagai upaya peningkatan prestasi belajar siswa.
Demikian pembahasan kita kali ini, semoga ada pencerahan dan modal semangat untuk membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jangan lupa, tunggu tulisan saya lanjutannya. Terima kasih.

Tentang sirodjuddinardan

Saya adalah seorang guru yang ingin mengembangkan pembelajaran tanpa batas
Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , , , . Tandai permalink.

11 Balasan ke LANGKAH MUDAH MENYUSUN PTK SERI 2

  1. rifqi walono berkata:

    wes apik kreatrif dan inovati he he he

  2. kelas x mm 2
    no 12
    koment:”i like it pak”

  3. photoe nag mm 2

    x mm 2 no:20

  4. walah pak ftoe nak mm 2………….
    hihihihihihi

    x mm 2
    no:20

  5. nuraini kusuma berkata:

    pak saya nuraini kusuma X mm2…
    responnya bisa meningkatan anak multimedia….

  6. wulan arumsari berkata:

    waaah yang fto.a anak mm2….
    goresannya bagus….

    i like it….
    no 34 mm2

  7. pak ni dian fitriyani
    10 mm3

    wahh pak apikkkk
    kreatifff
    hehehhe

  8. putrii kristiani berkata:

    putrii kristiani low pakk
    x mm3. no 27
    ukee
    hehehe

  9. putrii kristiani berkata:

    pakkkk
    goresan”nya krenn’
    tp kug mbarnya gag ada x mm3 toww
    huhuhuh

  10. Lala riski ww berkata:

    no 18 kelas x mm1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s